July 26, 2019

Renyah di luar, empuk di dalam, rösti – panekuk kentang kental – sama menyenangkannya saat makan siang rendah seperti di pesiar ski Swiss.

Di Swiss, mereka makan banyak kentang. Setiap kali saya berkunjung, saya juga makan banyak kentang. Saya ingat bergabung dengan teman-teman untuk makan malam sederhana di pedesaan. Kami memiliki kentang rebus dan salad hijau dari kebun. Itu makanan enak.

Anda akan menemukan salad kentang, kentang gratin, dan kentang tumbuk di Swiss, tetapi persiapan Swiss yang paling terkenal adalah rösti (diucapkan roosh-ti). Ini dianggap sebagai hidangan nasional, meskipun paling populer di daerah berbahasa Jerman di negara itu. Terbuat dari kentang parut, rösti menyerupai cokelat hash Amerika, tetapi digoreng dalam wajan seperti panekuk kentang renyah yang tebal dan dipotong menjadi irisan.

Di restoran, rösti tersedia untuk setiap hidangan, seringkali ditambah dengan ham, bacon, atau keju, atau disajikan dengan sosis atau irisan hati pan-seared. Rösti mit ei klasik memiliki telur goreng di atasnya. Rösti juga dapat disajikan sebagai lauk. Apa pun hidangan utama yang Anda pesan, bukan hal aneh bagi pelayan untuk bertanya, “Apakah Anda suka dengan mie, kentang gratin, sayuran kukus, atau rösti?”

Ada berbagai pendapat tentang cara terbaik untuk membuat rösti. Beberapa koki memanggang kentang mereka mentah-mentah. Yang lain bersikeras kentang harus direbus terlebih dahulu dan didinginkan, sebaiknya semalam, sebelum kisi. (Saya percaya pada mendidih; teksturnya lebih baik.) Jenis kentang adalah titik pertengkaran lain. Haruskah tepung atau lilin? Pilihan saya selalu berupa kentang salad berdaging kuning, yang disebut, seperti Yukon Gold atau German Butterball.

Sampai di Pegunungan Alpen Swiss, banyak pemain ski memilih rösti untuk santap siang gunung yang lezat. Zermatt, resor ski dengan beberapa puncak tertinggi di Eropa, menawarkan kesempatan untuk memiliki rösti sambil mengagumi pemandangan Matterhorn.

Salah satu restoran terbaik di Zermatt adalah Zum See, dijalankan oleh Max dan Greti Mennig dan keluarga mereka. Anda dapat tiba dengan berjalan kaki atau dengan ski, tetapi Anda tidak akan bisa masuk tanpa reservasi. Menunya adalah santapan kuno: tiram di atas cangkang (disajikan bersarang di tumpukan salju), pasta segar dengan jamur morel dan roti manis, satu-satunya sol Dover yang ditumis sempurna.

Di sanalah saya disajikan versi mewah rösti ini, dihiasi dengan salmon asap Skotlandia, krim asam dan telur rebus.

Itu tidak jauh berbeda dari makan siang lateks dan lembab di Russ and Daughters Cafe di New York, mungkin, tetapi dengan segelas Sampanye yang tinggi di Pegunungan Alpen, rasanya seperti surga.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *