June 22, 2019

Pada akhir setiap tahun sekolah, Margarita Manzke dan tujuh saudara kandungnya naik ke mobil keluarga di Manila, tempat ayahnya mengelola pabrik saus ikan, untuk pergi ke resor ibunya di Subic Bay, di pantai barat Luzon, tentang dua jam lagi. Mereka menghabiskan musim panas di sana, tidak berenang dan berjemur seperti keluarga-keluarga lain berlibur dari kota. Tidak menyapu ombak di papan boogie, atau tertidur di bawah payung dengan buku di satu tangan dan minuman di tangan lainnya. Bahkan saat remaja, Manzke adalah seorang wirausaha. Dan musim panas, bebas dari struktur kelas harian dan pekerjaan rumah, hanya untuk satu hal, dan satu hal saja: terlibat dalam olahraga kompetisi persahabatan dengan saudara dan saudari.

Pada suatu musim panas, Manzke dan saudara-saudaranya belajar membakar gula untuk membuat dasar yang gelap dan manis untuk sagu buatan sendiri di gulaman, minuman yang penuh dengan mutiara dan jeli tapioka. Salah satu saudara lelakinya menjual barang-barang dingin, di lokasi yang berharga ini, kepada para turis yang berkeringat dan haus yang memadati pantai. Masalah besar! Manzke membayar seorang tukang daging lokal untuk menyembelih tiga babi utuh dan memanggang dagingnya sehingga dia bisa menjual piring-piring lechon berkulit renyah kepada para pengunjung pantai yang lapar sama. Ketika salah satu saudara perempuannya mengubah pondok kosong di properti resor menjadi toko roti darurat – setumpuk permen dan kue lapis – Manzke naik level, belajar membuat kue cokelat yang diisi dengan pusat makanan lembut dan menarik pelanggan regulernya sendiri. Ayah mereka mendorong anak-anak untuk berkreasi dengan bisnis mereka untuk mendapatkan uang untuk tahun sekolah, tetapi mereka tidak membutuhkan banyak dorongan. “Itu sangat menyenangkan,” kata Manzke. “Aku menoleh ke belakang dan tertawa, karena aku benar-benar gila.”

Pada saat Manzke masih di sekolah menengah, dia mengalihkan perhatiannya ke sebuah buku makanan penutup dan permen Filipina – sebuah pamflet tipis, yang panjangnya kurang dari 50 halaman, yang dia temukan di dapur. Itu tidak terlihat seperti banyak, tetapi di dalamnya, ia menemukan resep untuk bar tanggal-dan-kenari berwarna emas yang dikenal di Filipina sebagai makanan untuk para dewa. Manis terutama populer di sekitar Natal, ketika dijual dalam kotak yang dibungkus secara individual, seperti kue buah kecil. Sepanjang Desember, di rumah di Manila, Manzke membuat banyak bar setelah sekolah, kemudian bangun jam 4 pagi untuk mengemasnya di dalam kotak-kotak imut yang ia buat dari potongan karton bergelombang, lem, dan cat hijau tua.

Beberapa batch lebih berminyak daripada yang lain. Beberapa batch lebih lunak. Manzke menyukai jeruji terutama empuk dan kenyal, dikemas dengan buah dan kacang. Dan ketika dia memperbaiki tekniknya, berdasarkan resep dasar dalam pamflet, semakin banyak pesanan datang dari teman-temannya, dan orang tua teman-temannya, dan teman-teman orang tuanya. Dia dipanggang setiap hari untuk mengikuti. “Itu banyak percobaan dan kesalahan,” kata Manzke, yang memperhatikan bahwa terlalu banyak mentega mentega, atau menggunakan tangan yang ringan dengan kurma, akan mendorong jeruji ke arah tekstur yang lebih tebal. Seperti koki pastry lainnya, dia sekarang dalam persaingan manis dan berkelanjutan dengan dirinya sendiri, membandingkan setiap batch dengan yang sebelumnya, dan perlahan-lahan bergerak menuju cita-cita.

Manzke melanjutkan ke sekolah kuliner, lalu pindah ke Los Angeles untuk bekerja di dapur restoran. Dia menjual bar tanggal-dan-walnut yang disempurnakan di République, restoran Los Angeles dan toko roti yang dia jalankan bersama suaminya, Walter, di mana kotak kue dikemas setiap pagi dengan tart strawberry-pistachio, crostatas pisang-Nutella dan chip cokelat besar kue. Jika Anda tidak bisa sampai di sana, Anda bisa membuatnya di rumah: Potong tanggalnya bagus dan besar. Awasi mentega dan gula, sehingga campurannya tidak terlalu pucat dan lapang. Dan jangan berhemat pada buah dan kacang. Jika Anda mengikuti teknik sederhana Manzke, Anda akan mendapatkan kenyal yang menjadikan bar ini begitu istimewa pada percobaan pertama Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *